oleh

Tangis Bahagia Warga Dua Dusun di Tarahan Berkat Rumah dari FABA

TARAHAN –  Ernimah (57) janda yang menggantungkan hidup dari anaknya yang berprofesi sebagai buruh pabrik akhirnya bisa melihat rumahnya diperbaiki. Rumah yang sebagian besar berdinding geribik rotan itu, salah satu dari dua rumah yang dibangun PLN UPK Tarahan melalui Program TJSL Bedah Rumah FABA.

PLN Peduli menggelontorkan dana sebesar Rp 100 Juta untuk bedah dua rumah di dusun gotong royong dan dusun mataram yang belum memiliki tempat tinggal yang layak huni. Program bedah rumah tersebut memanfaatkan batako yang terbuat dari campuran FABA serta fly ash yang digunakan untuk campuran adukan semen untuk proses pengecoran.

 

“Untuk dindingnya Program bedah rumah ini memanfaatkan limbah sisa pembakaran batu bara atau Fly Ash and Bottom Ash (FABA) dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan. Secara total program bedah rumah ini memanfaatkan 6.000 buah batako hasil produksi dari FABA,” ungkap Yuli Tri Setyono Manager UPK Tarahan.

Yuli menjelaskan selain mampu menghemat biaya hingga 40%, program ini juga memanfaatkan batako produksi UMKM setempat sehingga menggerakan roda perekonomian UMKM binaan PLN lanjutnya.

Hingga saat ini, PLN UPK Tarahan sudah merealisasikan program bedah rumah dari FABA ini sebanyak 3 (tiga) unit rumah di Desa Rangai Tritunggal.

Ernimah yang merupakan salah satu warga Dusun Kampung Baru, Desa Rangai Tritunggal merasa bersyukur mendapatkan bantuan salah satu rumah yang dibedah dengan FABA PLN UPK Tarahan.

“Terima kasih kepda PLN karena telah merenovasi rumah saya yang awalnya tidak nyaman dihuni menjadi sangat nyaman”, Ujar Ernimah.

PLN UPK Tarahan terus menunjukkan besarnya potensi pemanfaatan FABA. Pemanfaatan produk FABA ini terus dioptimalkan oleh PLN sehingga dapat memberikan manfaat dan bernilai ekonomis bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat di sekitar PLTU. (rel/dnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.