oleh

Semaraknya Puncak Perayaan Bulan K3 Tahun 2022 PLN UIK SBS

Manajemen telah menempatkan safety sebagai prioritas dan menekankan kegiatan care for asset dapat diinlinekan dengan aplikasi inspekta sehingga penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan usaha dapat mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi”

 

PALEMBANG – Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2022 PLN UIK SBS berlangsung semarak. Meski dilakukan secara virtual, acara tersebut dihadiri oleh seluruh manajemen dan pegawai dilingkungan PLN UIK SBS yang tersebar di lima Provinsi.

Dengan mengusung tema “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi” peringatan bulan K3 dilaksanakan etiap tanggal 12 Januari – 12 Februari.

Acara ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan K3 bagi seluruh pihak Berpedoman pada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia No. 386 Tahun 2014.

Dalam laporannya, Pejabat Ops K3 PLN UIK SBS, Eko Sumantri menyampaikan bulan k3 merupakan bagian dari perayaan nasional sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

PLN UIK SBS telah melaksanakan kegiatan diantaranya lomba Hut satpam, lomba kegiatan 5S, lomba cerdas cermat, lomba yel yel dan lomba rangking 1 yang telah dilaksanakan diseluruh unit pelaksana untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan K3.

General Manager PLN UIK SBS, Djoko Mulyono dalam arahannya menyampaikan agar apa yang menjadi program kerja strategis bisa di kawal dengan baik oleh kita semua khususnya pagi pejabat terkait.

Djoko Mulyono juga menjelaskan sepanjang tahun 2021 PLN UIK SBS banyak belajar dari pengalaman dan ada beberapa hal yang menjadi perhatian terkait dengan keselamatan kerja. Sesuai dengan hasil pembahasan raker K3L regional Sumatera dan Kalimantan dijelaskan bahwa penyebab kecelakaan kerja didominasi oleh kelalaian/tidak mengikuti SOP dan tidak menggunakan APD.

Selain itu Djoko juga berpesan kedepan untuk lebih diintenskan sosialisasi terhadap Kesehatan kerja dilingkungan dan kepada seluruh pegawai untuk mewaspadai varian omicron yang kondisinya sedang naik.

“Belakangan ini kita harus waspada terhadap paparan covid omicron, untuk itu mari kita jaga Kesehatan dan peduli terhadap pola makan dan olahraga untuk meningkatkan imunitas” ujarnya.

Manajemen telah menempatkan safety sebagai prioritas. Dan menekankan kegiatan care for asset dapat diinlinekan dengan inspecta sehingga sesuai dengan tagline bulan K3 Tahun 2022 yaitu “Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi”.

Dalam acara tersebut juga dilakukan launching aplikasi izin kerja terintegrasi dengan aplikasi CSMS (Contractor Safety Management System) yang merupakan suatu sistem manajemen untuk mengelola kontraktor yang bekerja di lingkungan perusahaan. CSMS merupakan sistem komprehensif dalam pengelolaan kontraktor sejak tahap perencanaan sampai pelaksanaan pekerjaan. (dnn/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.