oleh

PLN Kembangkan UMKM Tangguh dengan FABA

PALEMBANG, 28 Desember 2022 – PLN dukung pengembangan UMKM Tangguh melalui pemanfaatan limbah Fly Ash dan Bottom Ash (FABA). Dukungan ini diberikan melalui PLN peduli dengan pemberian mesin pembuatan batako dan paving blok, pelatihan produksi dan pemasaran produk.

PLN mendukung progam UMKM tangguh dengan pemanfaatan FABA produksi di PLTU Ombilin yang berlokasi di Sumatera Barat dan PLTU Bukit Asam yang berlokasi di Kabupaten Muara Enim.

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan (UIKSBS), Djoko Mulyono menjelaskan pemberdayaan perekonomian masyarakat di sekitar PLTU salah satunya dengan pemanfaatan FABA menjadi penting untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“FABA yang bukan merupakan limbah B3 telah kami optimalkan penggunaannya untuk masyarakat. Salah satunya untuk menciptakan UMKM Tangguh dengan pemanfaatan FABA” ungkapnya.

Djoko menjelaskan dengan bantuan tersebut, selain dapat membuka lapangan pekerjaan dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan pemanfaatan FABA, sehingga dampak FABA semakin dirasakan manfaatnya.

I Made Safari Oktaria yang merupakan Ketua BUMDES Karya Muda Mandiri Salak yang berlokasi di Desa Salak, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto mengucapkan terima kasih kepada PLN. Dengan bantuan tersebut dirinya mengaku optimis produksi paving blok dan batakonya akan meningkat.

“Dengan alat ini kami mampu memproduksi sebanyak 500 buah paving blok dan batako perhari. PLN juga memberikan bantuan pelatihan pemasaran, sehingga kami dapat mengembangkan pemasaran melalui pelatihan yang telah diberikan” imbuhnya.

Made menjelaskan permintaan paving dan batako cukup banyak namum terkendala dengan alat cetak, dengan bantuan PLN ini , BUMDES Karya Muda Mandiri Salak optimis produksi kami akan meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan” imbuhnya. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.