oleh

PLN Dukung Upaya Penyelamatan Danau Maninjau sebagai Danau Prioritas Nasional

Melalui Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN berperan aktif mengendalikan dan memulihkan pencemaran pada ekosistem danau Maninajau dan meningkatkan peran serta masyarakat untuk menciptakan perekonomian

 

SUMATERA BARAT  – Menjaga kelestarian lingkungan telah menjadi bagian penting PLN dalam menjalankan bisnis ketenagalistrikan. PLN UIK Sumbagsel yang mengelola PLTA Maninjau mengambil langkah nyata sesuai dengan tranformasi PLN Green dengan mendukung pemerintah dalam upaya penyelamatan danau Maninjau sebagai Danau Prioritas Nasional.

Sesuai dengan Peraturan Presiden RI Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional, dimana danau merupakan bagian dari ekosistem, sumber daya air yang memiliki nilai ekonomi, ekologis dan hubungan dengan kehidupan masyarakat. Kondisi beberapa danau di Indonesia saat ini telah mengalami tekanan dan degradasi sehingga perlu dilakukan upaya pengendalian kerusakan, menjaga dan memulihkan fungsi danau tersebut.

General Manager PLN UIK Sumbagsel, Djoko Mulyono hadir dalam acara penandatanganan MOU Upaya Penyelamatan Danau Maninjau dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, dan didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kab. Agam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Propinsi Sumatera Barat, Manager UPDK Bukittinggi di Kantor Gubernur Sumatera Barat yang berbarengan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Djoko menyebutkan bahwa ini merupakan momen yang sangat bagus, PLN sebagai pengelola PLTA Maninjau yang menghasilkan listrik dengan memanfaatkan air dari Danau Maninjau mengambil tanggung jawab menjaga dan berperan aktif untuk keberlangsungan Danau Maninjau agar dapat dinikmati untuk kepentingan masyarakat.

“Penyelamatan Danau Maninjau telah menjadi prioritas pemerintah melalui Peraturan Presiden RI Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional, disini PLN ikut berperan aktif dan mendukung program pemerintah melalui langkah nyata dan bersinergi dengan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 menjelaskan Tema pada tahun 2022 adalah “Only One Earth”, dan fokus Living Sustainably in Harmony with Nature. Tahun 2022, Indonesia memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengambil tema yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2022 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan. Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif. Tidak lain, dalam satu arah sejalan dengan tujuan nasional dan cita-cita bangsa” ujarnya.

Perayaan peringatan Hari Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 dibarengi dengan agenda penandatanganan MOU/Kesepakatan Bersama terkait dengan kolaborasi pemerintah Provinsi dengan perusahaan yang ada Sumatera Barat untuk menjaga lingkungan.

PLN melalui UPDK Bukittinggi akan melanjutkan dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk mengelola limbah enceng gondok yang melimpah di danau Maninjau. Kegiatan tersebut akan meliputi sosialisasi kepada masyarakat dan mengembangkan kampung pengrajin enceng gondok sehingga tidak hanya mampu mengurangi limbah enceng gondok namun menggerakan ekonomi masyarakat. (rel/BNN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.