oleh

Persami Bukit Asam Meriahkan Gernas Bulan K3

LAWANG KIDUL- Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang digelar PT Bukit Asam Tbk (PTBA) di Perkemahan Bangko Barat Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul, 12-13 Februari 2022 berlangsung semarak.

Kemeriahan Persami yang menjadi bagian dalam agenda PTBA dalam rangka memperingati Gerakan Nasional (Gernas) Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PTBA Tahun 2022 diikuti siswa-siswi SMA Sederajat se-Kabupaten Muara Enim yang dibuka langsung General Manager Pertambangan Tanjung Enim PTBA Venpri Sagara, Sabtu (12/2/2022).

Mewakili Manajemen Bukit Asam, Venpri Sagara mengucapkan kepada para peserta di Persami Bukit Asam yang menjadi ajang silaturahmi dan lomba ketangkasan Pramuka.

“Selamat datang adik-adik pramuka penegak yang berasal dari siswa SLTA sederajat di Kabupaten Muara Enim. Jadikan Persami ini sebagai ajang silaturahmi dan unjuk sportivitas dalam berbagai ajang lomba ketangkasan,” ucapnya.

Ia menuturkan kehadiran para peserta menjadi wujud dari Bhineka Tunggal Ika karena datang dari berbagai gugus depan, dengan latar belakang sekolah yang berbeda-beda serta daerah yang berbeda, meskipun masih dalam satu Kabupaten.

Menurutnya, Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal, yang membantu dan melengkapi pendidikan formal, yang menjadi sebuah gerakan guna membentuk watak, karakter dan kepribadian generasi muda bangsa.

Selain itu, Gerakan Pramuka bisa menjadi tempat menempa keterampilan, pengetahuan, memupuk jiwa disiplin, dan membina semangat kebersamaan serta menjadi wahana untuk mewujudkan warga bangsa yang berkepribadian, berwatak, dan memiliki jiwa bela negara.

“Melalui kegiatan perkemahan ini saya mengharapkan agar kaum muda kembali mencintai kegiatan kepramukaan, sebagai wahana belajar untuk menjadi pemimpin, dan sarana menambah pengetahuan,” ungkapnya.

Tidak lupa Venpri menyampaikan pesan selama kegiatan Persami para peserta untuk pererat persahabatan dan keakraban, serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, mengingat saat ini kasus covid varian omicron terus mengalami peningkatan.

“Untuk kebaikan bersama, saya meminta kepada adik-adik sekalian serta semua pihak yang terlibat dan mengikuti kegiatan Persami ini agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” tutup Venpri menegaskan.

Sementara itu, Koordinator Persami Bukit Asam, Kgs M Irwinsyah, menambahkan Persami yang menjadi bagian Gernas Bulan K3 PTBA Tahun 2022 diikuti 400 orang peserta dari 20 sekolah tingkat SMA/SMK dari 9 Kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Ia menyampaikan bahwa semaraknya Persami Bukit Asam diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti Lomba Kreatifitas Tenda, Lomba Penerapan Protokol Kesehatan, Lomba Pentas Seni, Lomba Yel-Yel, Lomba Mendirikan Tenda, Lomba Pionering, Lomba Semaphore dan Morse.

“Dimana pada malam harinya akan diadakan caraka malam untuk membentuk jiwa-jiwa yang mandiri, pemberani dan pantang menyerah. Selain itu juga, akan ada kegiatan outbond yang bertujuan untuk membentuk karakter, kerja sama dan kekompakan team,” paparnya.

Sementara, Amri Nurmanzen dari SMA N 1 Muara Enim, Peserta Persami, merasa senang dengan adanya Persami, karena menurutnya kegiatan perkemahan yang diadakan PTBA seperti ini sangat bagus, menjadi ajang ketemu kawan-kawan baru, yang juga bisa dijadikan tempat berbagi ilmu dan wawasan.

Sedangkan untuk persiapan timnya mengikuti Persami, ia mengatakan banyak persiapan yang sudah dilakukan, mulai dari latihan membuat tenda dengan cepat, lantihan semaphore, hingga latihan pentas seni.

“Untuk lomba-lomba yang lain kami juga siap dan sudah latihan selama dua minggu, kami yakin juara dan targetnya adalah juara umum,” ujar Amri. (rel/dnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.