oleh

Manfaatkan FABA, PLN Hubungkan 2 Dusun dan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

LAMPUNG SELATAN  – Satu lagi karya nyata manfaat FABA buat menggerakkan ekonomi masyarakat. Infrastruktur Jalan yang menghubungkan 2 Dusun disekitar PLTU menjadi bagus, nyaman dan kuat sehingga roda transportasi masyarakat petani di Desa Sebalang bisa lebih mudah menggunakan kendaraan pickup dan truk untuk mengangkut hasil bumi.

PLN UPK Sebalang yang terletak di dusun Sebalang desa Tarahan, melalui program PLN Peduli menggelontorkan Rp. 203.887.000 juta untuk membangun jalan sepanjang 600 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 15 cm. Jalan tersebut menghubungkan 2 Dusun yakni Lubuk Garam dengan Sebalang.

Manager UPK Sebalang, Dwi Suprianto menjelaskan bahwa PLN terus menciptakan nilai dengan pemanfaatan FABA menjadi produk bernilai guna tinggi diantaranya sebagai campuran dalam Industri konstruksi & infrastruktur. Dwi melanjutkan khusus pembuatan jalan program TJSL kali ini, PLN memanfaatkan Fly Ash sebanyak 40% dan Bottom Ash 40%, koral 12 % dan semen 8%.

“Hasil kekuatan jalan beton tersebut setara dengan K225 akan mempermudah mobilitas masyarakat dalam memasarkan hasil buminya yang tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat” ujarnya.

Masyarakat petani menyucapkan terima kasih kepada PLN. Sebelumnya jalan tersebut rusak dan becek yang menyebabkan pengangkutan hasil panen terganggu. Dengan perbaikan jalan dengan pemanfaatan FABA mobilitas petani dan masyarkat jadi lebih mudah.

Dengan melibatkan warga ring 1 PLTU Sebalang sebagai pekerjanya, pembetonan jalan ini secara langsung dapat menyerap tenaga kerja dan berkontribusi langsung dalam program pemberdayaan desa Tarahan.

Salah satu warga dusun Sinar Laut Supriadi menyampaikan terima kasih kepada PLN atas kepedulian ke warga sekitar “Terimakasih atas kepedulian PLN kepada warga Sinar laut, dengan adanya perbaikan jalan mobilitas warga dan petani menjadi lebih mudah, semoga kedepannya PLN semakin maju dan terus berkontribusi hal-hal positif ke warga” terang Supriadi.

Sepanjang tahun 2022 ini PLTU Sebalang per bulan Juli berhasil memanfaatkan 14.148,55 ton FABA, baik untuk keperluan Internal maupun Eksternal. FABA telah dimanfaatkan oleh PLN UPK Sebalang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan diantaranya untuk program bedah rumah kaum dhuafa, pembangunan jalan desa, dan pembuatan magic box pelestarian terumbu karang. (dnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.