oleh

Gelar Pelatihan Pemanfaatan Faba, PLN tingkatkan Perekonomian Nasional Melalui Pemberdayaan Masyarakat Bersama KORBINMAS BAHARKAM POLRI

POLRI dan PLN menjadi bagian bagian penting dalam mendorong penguatan ekomoni melalui pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA)

 

LAMPUNG – PLN terus bertransformasi untuk pelayanan yang optimal dan menciptakan listrik yang terjangkau untuk masyarakat. Dalam melakukan upaya tersebut PLN juga melakukan sinergi dengan instansi pemerintahan dalam upaya penguatan sumber daya yang dimiliki untuk mencipkatan nilai tambah.

POLRI dan PLN menjadi bagian bagian penting dalam mendorong penguatan sumber daya tersebut khususnya pemanfaatan fly ash dan bottom ash (FABA). Dengan menggelar pelatihan pemanfaatan FABA secara serentak yang diikuti oleh satuan BIMAS POLRES-POLDA seluruh Indonesia, diharapkan BIMAS POLRES-POLDA dapat memiliki keterampilan dan mendorong masyarakat dalam upaya mengembangkan perekonomian melalui pemanfaatan FABA masyarakat dilingkungan sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PLN.

Dalam sambutannya (EVP) K3 PLN Komang Parmita menjelaskan FABA mulai bisa dimanfaatkan secara regulasi pada tahun 2021, pemerintah telah memberikan ruang untuk pemanfaatan faba sesuai PP 22/2021 sesuai lampiran XIV dimana status fly ash dan bottom ash sudah termasuk limbah non B3 dan dukungan peraturan KLH mengenai tata Kelola limbah Non B3 dimana salah satunya pengelolaan fly ash dan bottom ash.

“Gerakan pemanfaatan FABA ini merupakan momen baik untuk diiimplementasikan sehingga mendorong tumbuhnya pemanfaataan FABA yang dapat memunculkan pertumbuhan ekomoni dimasyarakat” ungkapnya.

Kombespol Anang Triarsono Sik Msi (Dirbinmas) Polda Lampung mengapresiasi dan akan mendukung program pemanfaatan FABA PLN. “ Melihat potensi pemanfaatan FABA, kami akan mendorong masyarakat untuk mengembangkan perekonomian melalui pemanfaatan FABA masyarakat dilingkungan PLTU PLN,” ungkapnya.

Dalam acara pelatihan yang dilakukan secara daring dan luring tersebut, PLN UIK Sumbagsel berpartisipasi melalui PLTU Tarahan dan PLTU Sebalang yang terletak di Provinsi Lampung dan PLTU Ombilin yang terletak di Sumatera Barat.

Dalam kegiatan tersebut PLN memberikan pelatihan berupa manajemen pengelolaan FABA, pembuatan batako, pembuatan paving, pembuatan Pupuk FABA dan pembuatan beton FABA untuk jalan kepada anggota POLRES-POLDA di sekitar PLTU PLN UIK Sumbagsel.

PLN UIK Sumbagsel telah melakukan pemanfaatan FABA melalui PLTU Tarahan, PLTU Sebalang, PLTU Bukit Asam, PLTU Ombilin dan PLTU Teluk Sirih untuk pembuatan paving block, pengecoran jalan, pembuatan batako, penimbunan lahan bekas tambang dan pembuatan pupuk FABA dengan total pemanfaatan internal mencapai 5.005,15 ton dan pemanfaatan eksternal mencapai 23.084,32 Ton sepanjang tahun 2021. (mnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.