oleh

Bukit Asam Bangun PLTS Irigasi untuk 150 Hektare Sawah di Lampung Tengah

LAMPUNG – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (plts) berkapasitas 42 kilowatt peak (kwp) di kampung rejosari mataram, kecamatan seputih mataram, kabupaten lampung tengah. PLTS  ini nantinya akan menyuplai listrik untuk 2 pompa irigasi yang mengairi sawah seluas 150 hektar.

Peletakan batu pertama pembangunan PLTS dilaksanakan di lahan persawahan kampung Rejosari Mataram pada Rabu (5/10). Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad dan General Manager PTBA unit Pelabuhan Tarahan Dadar Wismoko hadir dalam kesempatan tersebut.

Dadar Wismoko menyampaikan harapannya agar PLTS tersebut nantinya bermanfaat bagi para petani di Kampung Rejosari dengan pengairan yang lancar dari irigasi, panen akan meningkat.

“Harapan kami, semoga bisa bermanfaat khususnya di lahan pertanian di lampung tengah yang merupakan lumbung padi, jagung, ketela, dan lainnya. Semoga dengan bantuan ini nanti irigasi tidak jadi masalah lagi, lahan semakin subur. Saya mewakili manajemen PTBA menyampaikan terima kasih kepada pak bupati dan seluruh warga yang ada di Lampung Tengah ini karena sudah menerima dengan baik bantuan kami, mari kita sama-sama merawatnya,” ujar Dadar Wismok.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menuturkan bahwa selama ini para petani di kampung Rejosari Mataram hanya bisa panen sekali dalam setahun karena kurangnya pengairan. Dengan adanya PLTS irigasi dari PTBA, diharapkan panen bisa meningkat sampai 3 kali setahun.

“Mudah-mudahan dengan adanya pompa irigasi ini. Insyaallah masyarakat bisa 3 kali tanam yang dilakukan di rejosari mataram,” katanya.

Di juga berpesan agar PLTS irigasi ini dijaga oleh masyarakat supaya bisa terus mendukung pertanian. “Ini sangat luar biasa bapak ibu sekalian, ini pakai tenaga surya. Hampir-hampir para petani tidak menguarkan dana lagi untuk merawat ini semua ke depannya. Oleh karena itu, ke depan kita bisa menjaga kelangsungannya, bagaimana kita bisa menjaga alat ini supaya efektif untuk kepentingan masyarakat kita semua,” ucapnya.

Perwakilan petani yang juga ketua p3a Rejosari Mataram, Hajisheri menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan PTBA yang memberikan bantuan kepada para petani. “Mudah-mudahan bantuan PLTS ini dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Rejosari Mataram,” tutupnya.

Program CSR PLTS irigasi merupakan upaya PTBA untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Diharapkan program ini dapat meningkatkan kemandirian sosial ekonomi masyarakat, dan mengoptimalkan hasil produksi pertanian.

Selain itu, pembangunan pembangkit listrik berbasis tenaga surya menjadi salah satu upaya ptba dalam gerakan transformasi untuk pemanfaatan sumber energi yang ramah lingkungan. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.