oleh

PTBA Gandeng Tripika Gelar Aksi Bersih Sampah Sungai Enim

MUARA ENIM  – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS), PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya memberikan imbauan pada masyarakat untuk tidak membuang sampah di Sungai Enim.

PTBA bersama unsur Tripika Lawang Kidul, Tim Rescue Perusahaan, dan komunitas pegiat lingkungan mengadakan aksi bersih sampah di Sungai Enim pada Kamis (30/6). Dimulai dari Desa Keban Agung hingga Museum Bukit Asam Eks BDN Tanjung Enim.

Acara diawali dengan pembukaan di halaman Kantor Camat Lawang Kidul, dihadiri General Manager PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim Venpri Sagara, Ketua HLHS Bukit Asam Renny Tri Miranti, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim Kurmin, Camat Lawang Kidul Andrille Martine, unsur Tripika, serta komunitas pecinta lingkungan setempat.

GM PTBA Unit Pertambangan Tanjung Enim, Venpri Sagara, mengajak masyarakat ikut menjaga ekosistem yang ada di Sungai Enim dengan perilaku sangat sederhana, yakni tidak membuang sampah di Sungai yang masih menjadi sumber penghidupan. Ia berharap aksi bersih-bersih sungai ini bisa menjadi agenda rutin ke depan, tentunya melibatkan pemerintah setempat, masyarakat, dan komunitas yang ada di Kecamatan Lawang Kidul.

Camat Lawang Kidul Andrille Martine menyambut baik kepedulian perusahaan yang ada di wilayahnya dalam upaya memperbaiki kondisi lingkungan. Khususnya dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Saya sangat berterima kasih kepada PTBA, dan perusahaan lain yang terlibat dalam aksi bersih-bersih sungai Enim kali ini. Nanti ini bisa menjadi agenda rutin, minimal satu bulan sekali,” kata Andrille.

Apresiasi juga disampaikan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kurmin. Ia mengatakan, kegiatan ini menjadi momen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjaga ekosistem yang ada di Sungai Enim. Termasuk menjaga kebersihan air sungai dari sampah-sampah.

“Harapan kita, tidak ada lagi masyarakat membuang sampah di sungai. Kami ucapkan terima kasih kepada PTBA yang sudah menginisiasi dengan menggelar aksi susur Sungai Enim membersihkan dari sampah. Dan saya harapkan keindahan dan kebersihan sungai Enim dapat dinikmati bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HLHS PTBA Renny Tri Miranti menjelaskan, kegiatan ini melibatkan perusahaan mitra PTBA, antara lain PT PAMA, PT SBS, PT Ripansi, serta berbagai komunitas setempat. Menggunakan 9 perahu karet dilengkapi APD, masing-masing peserta membawa kantong plastik untuk mengumpulkan sampah dari sekitar sungai. Sampah yang terkumpul kemudian diangkut oleh petugas ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Tujuannya untuk mengedukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di Sungai. Karena sungai merupakan sumber penghidupan, yang perlu dijaga kebersihannya,” tutur Renny.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PTBA juga menggelar berbagai kegiatan, antara lain Fun Bike, Upacara HLHS, aksi penanaman pohon di lahan reklamasi tambang. Selain itu diadakan perlombaan terkait Lingkungan Hidup Pertambangan di internal perusahaan, yaitu Lomba Green Workshop.

Ada perlombaan terkait pemenuhan aspek lingkungan dan pengelolaan limbah B3 di area kerja perusahaan dan mitra kerja, perlombaan foto dan poster bertema lingkungan ‘Satu Bumi untuk Masa Depan’, perlombaan video inovasi di bidang pengelolaan lingkungan, perlombaan video yel-yel kegiatan pengujian emisi kendaraan, kampanye lingkungan ke sekolah, dan workshop lingkungan. (Dante)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed