oleh

PLN Manfaatkan FABA Sebagai Bahan Baku Produk Konstruksi

PLN terus berupaya membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar pembangkit dengan menggulirkan program TJSL pengelolaan FABA

 

 

SAWAH LUNTO  – PT PLN (Persero) melalui PLN Peduli terus mendorong pemanfaatan abu sisa pembakaran batu bara atau Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai bahan baku produk kontruksi. Hal ini, dibuktikan dengan pemanfaatan FABA untuk pembuatan kanstin jalan protokol Kota Sawahlunto.

Pada program pembuatan kanstin jalan protokol Kota Sawahlunto, PLN Peduli menyerahkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp 150 juta dengan penggunaan fly ash sebanyak 205 ton untuk membangun kanstin jalan sepanjang 74,6 meter.

Program ini merupakan inisiasi PLN dengan kolaborasi bersama Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PKP2LH). Diharapkan, program ini dapat menjadi media sosialisasi kepada masyarakat bahwa FABA dapat dimanfaatkan menjadi produk konstruksi dan menjadi nilai ekonomi bagi pembangunan.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PLN UPK Ombilin melalui TJSL berupa pemanfaatan FABA untuk pemasangan Kanstin di jalan menuju obyek wisata tersebut.

Deri mengatakan bantuan yang diberikan PLN UPK Ombilin mempunyai nilai lebih karena bekerja sama dengan BUMDes di Desa Salak untuk pemanfaatan FABA di PLTU Ombilin.

Deri juga mengapresiasi kepedulian PLTU Ombilin berkontribusi untuk pembangunan di Kota Sawahlunto. “Saya sangat mengapresiasi sekali program TJSL PLTU Ombilin ini karena mempunyai nilai tambah lebih yaitu pemanfaatan FABA dan bekerjasama dengan BUMDes. Harapan saya pemanfaatan FABA ini dapat menjadi pilot project untuk pembangunan fisik di Kota Sawahlunto,” ujar Deri Asta.

Ketua Tim TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama mengatakan kanstin jalan dengan bahan utama FABA ini sudah diuji di laboratorium, sehingga kuat untuk dilewati oleh kendaraan truk bermuatan besar.

“Melalui pemanfaatan FABA, PLN terus berupaya membantu meningkatkan taraf hidup warga sekitar pembangkit dengan menggulirkan program TJSL pengelolaan FABA untuk pembangunan Kanstin jalan,” ujar Elfita.

Adapun, pemasangan kanstrin dilakukan di Jalan Ir. H Amran Nur di depan Kantor Pengadilan Negeri Sawahlunto. Kegiatan peletakan baru pertama ini dilakukan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Kepala Dinas PKP2LH, Adrius Putra, serta Ketua TJSL PLN UPK Ombilin Elfita Burnama. (rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed