oleh

Kerap Banjir, Saluran Air Banyak Tertutup Ruko dan Rumah Warga

PALEMBANG – Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, menelusuri sepanjang aliran air di Jalan Sungai Item, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat Satu. Hasil penulusuran, didapati saluran air tidak berfungsi dengan baik lantaran tertutup bangunan komersial, yakni perumahan dan hotel. “Sudah kita telusuri. Ada pula yang tertutup oleh permukiman warga,” kata Fitrianti.

Dampak dari bangunan-bangunan itu, air yang seharusnya bermuara ke Sungai Lebak Keranji tersumbat, sehingga meluap dan menggenangi permukiman warga.

Fitrianti menyayangkan tidak adanya pembicaraan antara pemilik hotel, perumahan maupun warga permukiman untuk membuka lahan saluran sehingga air bisa mengalir ke Sungai Lebak Keranji. “Jika sudah ada lahannya, Pemkot akan membantu membuatkan saluran air ke Sungai Lebak Keranji, agar tidak terjadi genangan maupun banjir,” ujar Fitrianti.

Sari, warga Jalan Sungai Item ini mengatakan, rumahnya kerap banjir setelah turunnya hujan lantaran saluran buntu dan lama surutnya. “Saluran airnya buntu, Pak. Kalau hujan masuk ke rumah. Bahkan, pernah air sampai betis orang dewasa dan surutnya sampai 3 hari,” tutur Sari. (mnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed