oleh

Dibina PLN, Petani Jamur di Muaro Jambi Mandiri Produksi Bibit Sendiri

ian bantuan oven backlog sterilisasi pembibitan jamur, pengembangan budidaya jamur tiram binaan PLN mampu memproduksi bibit sendiri sehingga mampu menekan biaya produksi sebesar 50%

 

MUARO JAMBI – Manager Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan Jambi, Firman Ramdan, Beserta Tim TJSL menyerahkan bantuan oven backlog untuk sterilisasi pembibitan jamur kepada mitra binaan Kelompok Budidaya Jamur Tiram Barokah di Desa Talang Belido, Kecamatan Sei Gelam.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Kepala Desa Talang Belido, Fadli, yang mengapresiasi PLN UPDK Jambi dalam membina Kelompok Budidaya Jamur Tiram Barokah sejak tahun 2020.

“Kami mengetahui pertama kali PLN UPDK Jambi memberikan bantuan dan membina Kelompok Budidaya Jamur Tiram Barokah ini pada Tahun 2020 lalu, pada saat itu baru satu kumbung Jamur yang di bantu, sementara pada tahun ketiga ini mitra binaan sudah dapat produksi bibit sendiri bahkan mengelola hasil produksi menjadi panganan olahan,” ujar Fadli.

Manager PLN UPDK Jambi juga menyampaikan apresiasi kepada mitra binaan yang sangat antusias dan dapat berkembang sesuai harapan selama dibina oleh Tim TJSL PLN UPDK Jambi sehingga pada tahun ketiga ini sudah dapat memproduksi bibit jamur sendiri.

“Semoga bantuan oven backlog ini dapat bermanfaat dan tentunya meningkatkan produksi serta penghasilan kelompok Jamur Tiram Barokah, karena dengan adanya alat ini dapat menekan biaya produksi. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada perangkat desa yang telah mendukung program ini,” ujar Firman.

Ketua Kelompok Jamur Tiram Barokah, Kasdi, mengucapkan terima kasih kepada PLN UPDK Jambi yang telah memberikan bantuan berupa pembinaan pengembangan budidaya jamur tiram.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim TJSL PLN UPDK Jambi yang sejak awal bukan hanya memberikan pembinaan tetapi juga membantu kami mulai dari perizinan usaha mikro dan pelatihan Pangan Industri Rumah Tangga. Kami merasa sangat terbantu sekali atas apa yang telah diberikan,” tutur Kasdi.

PLN memberikan bantuan berupa berupa oven backlog senilai Rp 21,8 Juta kepada mitra binaan kelompok Jamur Timur Barokah. Diharapkan kelompok Jamur Tiram Barokah dapat terus berkembang dan melakukan inovasi sehingga dapat meningkatkan perekonomian anggota kelompok serta perekonomian masyarakat sekitar. (mnn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed