oleh

Daya Tampung SBMPTN Unsri Tahun 2022 Berjumlah 3.913 Orang

Palembang, Suara Konsumen – Penerimaan mahasiswa baru di Unsri ada tiga jalur yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Saringan Masuk (USM). Daya tampung mahasiswa baru Unsri tahun 2022 berjumlah 7.825 calon mahasiswa. Rinciannya SNMPTN 1.605 orang, SBMPTN 3.913 orang dan USM 2.307 orang.

Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU., ASEAN. Eng mengatakan, untuk seleksi SNMPTN telah selesai dilakukan dengan jumlah yang lulus seleksi 1.605 calon mahasiswa. Selanjutnya adalah seleksi SBMPTN yang pendftaran SBMPTN berlangsung 23 Maret-15 Maret 2022.

“Untuk pelaksanaan UTBK gelombang pertama 17-23 Mei. Kemudian pelaksanaan UTBK gelombang kedua 28 Mei dan 3 Juni. Pengumuman hasil SBMPTN dilaksanakan pada 23 Juni 2022,” ujarnya saat konfrensi pers di KPA Unsri Bukit, Selasa (5/4/2022).

Anis menuturkan, ujian UTBK Unsri SBMPTN dilaksanakan di kampus Unsri Bukit yakni Fakultas Kedokteran Bukit, FKIP Ogan dan Graha Sriwijaya. Kemudian, untuk lokasi mitra yakni di Universitas MDP Jalan Jenderal Sudirman, SMAN 1 Palembang, SMKN 2 Palembang, SMKN 3 Palembang dan SMA Xaverius 1 Palembang. “Kapasitas kursi yang disediakan 24.808 kursi ujian, ” katanya.

“Bagi yang ingin mendaftar SBMPTN kita himbau lebih cepat lebih bagus, karena jika mendaftar di hari hari terakhir dikhawatirkan akan lama loading antriannya. Yang perlu diketahui, bagi yang dinyatakan lolos di SNMPTN tidak bisa ke SBMPTN, otomatis akan langsung terkunci sistemnya, ” paparnya.

Ketika ditanya Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), Anis menjaskan, KIP Kuliah biasanya disiapkan untuk 800 orang. Untuk yang lolos SNMPTN itu yang masuk KIP-K 336 orang. Untuk SBMPTN mendatang, ketika begitu daftar dan yang lulus banyak yang memegang KIP-K maka kuotanya lebih dari 800 orang.

“Kemendikbudristek itu sudah ada anggaran untuk KIP-K. Seperti contoh tahun lalu yang menerima KIP-K berjumlah 1.167 orang. Yang terpenting saat mengisi data KIP-K jangan memalsukan data. Pasalnya, jika terbukti orang tuanya mampu, maka dibatalkan KIP-K dan akan kami keluarkan. Karena Unsri menerapkan kejujuran, ” bebernya.

“Bagi mahasiswa yang menerima KIP-K tidak ada bayaran UKT. Bahkan, penerima KIP-K menerima uang bantuan Rp 600 ribu perbulan yang bisa digunakan untuk ongkos kuliah, atau saat belajar daring bisa digunakan untuk membeli kuota internet,” tambah Anis.

Ketika ditanya UKT mahasiswa Unsri, Anis menuturkan dibagi menjadi 8 tingkatan. Sesuai ketetapan Kemendikbudristek untuk tingkat pertama UKT Rp 500 ribu, tingkat kedua Rp 1 juta. Untuk tingkatan ketiga, keempat, kelima, keenam, ketujuh dan kedelapan itu ditetapkan oleh masing masing Fakultas. “Ada standar minimum pembiayaan fakultas. Sehingga besaran UKT disesuaikan dengan kebutuhan setiap fakultas,” tandasnya.

Dalam penerimaan mahasiswa baru ini, lanjut Anis, disesi terakhir akan ada tes narkoba. “Jika terbukti menggunakan narkoba, maka akan kami batalkan. Karena kami tidak mau mendidik orang yang terlibat narkoba,” urainya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Ir Zainuddin Nawawi PhD IPU menambahkan, materi UTBK SBMPTN tahun 2022 materi tes potensi skolastik, Bahasa Inggris, dan Tes Potensi Akademik. Kelompok ujian saintek, soshum dan campuran.

“Pelaksanaan tes dilaksanakan dua gelombang selama 14 hari dengan 28 sesi (setiap hari 2 sesi). Setiap peserta hanya dibolehkan mengikuti tes satu kali,” pungkasnya. (Yanti)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed